HARDWARE
KOMPUTER
Hardware
adalah perangkat yg secara fisik ada, dpt dilihat dan dipegang. Secara
fungsional dibedakan dlm 4 macam, yaitu :
1.
Perangkat masukan
2.
Perangkat Proses
3.
Perangkat keluaran
4.
Perangkat penyimpanan
Biasanya dilengkapi dengan hardware pendukung untuk
multimedia dan jaringan. Semua perangkat saling terintegrasi antar bagian utk melakukan
komunikasi.
Komponen hardware pada komputer PC seperti :
Matherboard
(papan induk), prosesor, memori, harddisk, disk drive, disket, CD-R/RW ,
Card (kartu), monitor, keyboard, mouse, tape, printer, dan lain sebagainya.
1.
Perangkat
input
Peralatan
yg digunakan utk menerima data yg akan diolah dalam komputer. Selain itu
merubah instruksi kedalam bahasa yg diketahui komputer
Perangkat input ada 2 golongan yaitu :
a. Perangkat input langsung
yaitu input yg dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa melalui media lain.
b. Perangkat input tidak
langsung yaitu Input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU tetapi
direkam dulu pada sebuah media penyimpanan luar (tape, disk, kartu)
Alat
Input yg menggunakan keyboard adalah : Teleprinter terminal, financial
transaction terminal, point-of-sale (POS) terminal dan visual display terminal.
Perangkat Input yg berfungsi
ganda sebagai alat output untuk menampilkan hasil. Alat ini disebut dengan terminal
Terminal ada 3 jenis
yaitu :
1.
Non
intelegent terminal alat input/output saja tidak dapat diprogram karena tdk
memiliki prosesor disebut Dumb terminal contoh teleprinter terminal.
2.
Smart
terminal : memiliki prosesor dan memori shg dapat melakukan edir data yg telah
dimasukkan, namun juga tdk dapat diprogram.
3.
Intelegent
terminal ( logic terminal) dapat
diprogram oleh pemakai komputer. Biasanya berupa komputer PC lengkap.
Contoh Perangkat input
Langsung:
1.
KeyBoard,
yaitu :sekumpulan tombol yg tersusun pd satu tempat seperti mesin ketik.
Umumnya memiliki antara 85 hingga 120 tombol yg terdiri dari huruf, angka dan
karakter khusus serta tombol-tombol fungsi. Penekanan tombol dapat satu-satu
atau beberapa tombol sekaligus utk maksud tertentu
2.
Mouse:
alat utk memasukkan data dengan
cara menekan tombol klik. Umumnya memiliki dua klik utama kiri dan kanan yg
dibawahnya ada bola kecil yg digunakan utk menggerakkan penunjuk. Digunakan
ditempat yg rata.
4 aktifitas utama bisa dilakukan
oleh mouse yaitu Ada ;
1.
Single
klik membuat pilihan tertentu pd layar
2.
Klik
ganda utk membuka folder (dokumen)
3.
Klik
kanan utk menunjuk arah pada layar komputer
4.
Drag
and Drop utk memindahkan ikon atau item pd layar.
Ada
tiga tipe dasar mouse :
1.
Mekanis
ada bola karet yg bergerak ke segala arah
2.
Optomekanis
seperti mouse mekanis yg baru, ada yang menggunakan sensor optik untuk
mendeteksi gerakan bola
3.
.Optik
menggunakan laser utk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED. Tdk ada bola
mouse/gerakan mekanis
3.
Lightpen alat ini menunjuk ujung alat ke monitor
komputer yg peka terhadap cahaya. Bila pena ditempelkan pd layar komputer maka
satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan dimengerti oleh program .
Digunakan pada bidang rekabentuk
keluaran atau grafik perencanaan (CAD/ CAM)
4.
Joystick merupakan
tongkat yg digunakan utk menggerakkan crusor. Biasanya untuk video game.
5.
Touch Screen
penyentuhan layar monitor atau bantalan utk merespons objek program (
Touchpad)
6.
Mikrofon alat
input dengan mengeluarkan suara , biasanya utk aplikasi multimedia atau untuk
keperluan audio (musik, suara atau kesan khas audio).
7.
Scanner alat yg berfungsi seperti mesin fotokopi dgn
cara memasukkan data melalui cahaya dan diterjemahkan dalam bentuk digital. Dpt
menterjemahkan teks,barcode,gambar dsb Hasil scanner ditampilkan ke monitor komputer kemudian diubah agar bagus
dan disimpan dlm file teks,dokumen dan
gambar.
Perangkat Scanner dapat berupa :
Magnetic Ink Character
Recognation (MICR) : pembaca pengenal karakter tinta magnetik biasanya utk
transaksi cek pd suatu bank yg ditulis dengan tinta magnetik yg hanya bisa
dibaca perangjkat MICR (tdk dpt dibaca
mata manusia)
Optical
Data Reader hampir sama dgn MICR namun lebih fleksible. Dapat berupa :
a.
Optical
Character Recognation (OCR) reader
b.
OCR
teks reader (toko-toko)
c.
Barcode
wand (supermarket)
d.
Optical
Mark Recognation (OMR) reader (test scoring )
- Trackball perangkat penunjuk seperti mouse,namun
terdapat bola yg digunakan untuk menggerakkan kursor di atasnya.
- Kamera :
data analog atau digital, output gambar, video yang dilengkapi dgn suara.
Kamera sdh banyak dipasaran
- Trackball perangkat penunjuk seperti mouse,namun
terdapat bola yg digunakan untuk menggerakkan kursor di atasnya.
2.
Perangkat
Output
Perangkat
yg dipakai utk menampilkan hasil proses seperti layar monitor, printer, flotter
, display card dan speaker.
Terdapat
dua jenis perangkat output yaitu:
a.
softcopy ( monitor, audio)
b.
Hardcopy
( printer, plotter)
1. Monitor (layar tampilan)
Monitor (layar tampilan)
terdirir dari:
1.
Layar
monitor berbentuk pipih (monitor kristal cair) atau Liquid Crystal Display
(LCD) ada dua jenis :
a.
LCD
biasa model penyinaran ( backlit, sidelit)
b.
LCD
TFP( Thin Film Transistor ) atau matriks aktif, setiap piksel dikendalikan oleh
satu transistor. Utk notebook/PC.
2.
Layar
monitor tabung disebut CRT( Cathode Ray Tube) seperti layar TV utk desktop atau
PC. CRT monokrome mempunyai fosfor Warna tunggal( putih) sedang berwarna
gabungan tiga fosfor merah, hijau dan biru(RGB) Ukuran 14, 15, 17, 19 dan 21.
CGA, EGA, VGA(Video Graphic Array), SVGA DAN XGA(Extended Graphic Array).
2. Printer dan Plotter
Perangkat pencetak hasil proses komputer. Bentuk
dalam kertas atau transparansi.
Ada
tiga jenis cetakan pada printer :
1. Printer Dot-matrikHasil
kurang bagus namun dpt dipakai mencetak rangkap Pencetak Dotmatrik ada 9 Pin
tau 24 Pin.
2. Printer Tinta, bekerja dengan menyemburkan tinta pada
catridge ke kertas. Hasil lebih bagus dari Dotmatriks namun sangat tergantung
kwalitas tintanya
3. Laser, bekerja dengan
menyemprotkan serbuk tinta dengan model
pencahayaan. Hasil paling bagus namun harga mahal baik tinta maupun printernya.
Plotter hampir sama
printer biasanya utk mencetak gambar, grafik dan design teknik yang
ukurannya besar.Bisa sebagai Input (
I/O) diantaranya monitor, pita magnetic, disk magnetic, pita kertas, consol dan
card read punch.
4. Perangkat
pemroses (CPU)
CPU
merupakan otak dari sebuah
komputer.
Memiliki 3 komponen yaitu CU(Control unit), ALU (Arithmetic and Logic Unit) dan
Register.
Tugasnya
melaksanakan seluruh operasi komputer. Terletak pada papan induk (motherboard),
yang juga tempat segala pusat perangkat komputer seperti memori, I/O port dsb.
Fisik
dari Mikroprosesor Prosesor memiliki desain koneksi pada motherboard yang
berbeda-beda yang berupa soket atau
slot. Jenis socket prosesor yang telah
diproduksi adalah :
a. Socket 1 memiliki 169 pin beroperasi pd
5 volt (486)
b. Socket 2 dengan 238 pin (486 dan pentium Overdrive)
c. Socket 3 desain dari intel dengan 237 pin (586)
d. Socket 4 dengan 273 pin (pentium overdrive)
e. Socket 5 dengan 320 pin teg. 3.3 volt (pentium 75)
f. Socket 6 dengan 235 pin (era pentium)
g. Socket 7 dengan 321 pin (intel pentium II)
h. Socket 8 dengan 387 pin teg 3,1/3.3 volt(pentium Pro)
Socket 8
terhenti sejak intel pindah ke teknologi
Slot 1.
I.
Slot 1
prosesor
didesain dengan kotak tipis dengan pin-pin pd bagian bawah menjadi prosesor yg
ditempatkan pd daughtercard dan dikemas dalam sebuah modul. Slot 1 memiliki 242
pin pada teg 2,8 – 3,3 volt. Slot 1 utk pentium II.
Pentium
Pro dapat dipasang pd slot 1 dengan menancapkan ke doughtercard tipe socket 8
dan disebut Pentium Pro Riser
j.
Slot 2
penerus slot 1 yg dikembangkan untuk
intel. Ukuran menjadi 2 kali lipat Slot 1 dengan jumlah memori cache yang lebih
besar (prosesor dgn slot ini adalah Pentium II Xeon).
Merk
mikroprosesor yg dikenal antara lain :
Ø Intel(tipe pentium,
Celeron, Xeon dsb).
Ø AMD (Athlon, Duron dsb).
Ø Motorolla (Makintosh)
Pemasangan Socket dan Slot
berbeda. Socket sesuai pin-pin yg telah ditentukan dan Slot pemasangan seperti
kartu(card) misalnya LAN- card.
5.
PERANGKAT
PENYIMPANAN
Ø Memory device
Memory
device sering disebut memori saja untuk penyimpanan data dalam komputer.
Berdasarkan letak dibagi dua yaitu
memori internal (di dalam) dan memori eksternal ( di luar).
Berdasarkan
kekekalannya dibagi menjadi temprorary memory dan permanent memory.
Memori
internal memori pada motherboard, data yg akan diproses dan hasil proses
disimpan pada memori internal.
Selain
itu juga menyimpan program yg memproses data shg kapasitas memori internal
harus cukup besar utk menampung semuanya. Memori internal terdiri dari
RAM(Random Access Memory) dan ROM( Read Only Memory).
Memori
eksternal memori yg tidak berhubungan langsung dengan motherboard, diluar
casing(box) CPU. Bersifat Non volatile(permanen) dan kapasitasnya sangat besar
( floppy disk, hard disk, optical disk, CD ROM, flash disk, Zip disk, tape).
Read Only
Memory(ROM).
Menyimpan
yg sifatnya tetap atau permanen (nonvolatile). Program hanya bisa dibaca oleh
pengguna komputer. Data sudah terisi dan disediakan oleh pabrik perakitnya .
Isi data
pada ROM misalnya program Basic Input Output System (BIOS) yg mengendalikan
perpindahan data antara mikroprosesor ke komponen lain yang meliputi keyboard,
monitor, printer dsb. BIOS juga mempunyai fungsi untuk self-diagnostic memeriksa kondisi yg
ada pada dirinya yg disebut Power On Self Test (POST). Contoh lain program
Bootstrap (linkage) yang bertugas memindahkan sistem operasi yang tersimpan
dalam disket untuk ditempatkan di RAM.
Kapasitas
memori diukur dengan satuan Byte, KB, MB, GB
ROM
ada berbagai macam :
ROM,
PROM, EPROM, OTP(One Time Programming) dan EEPROM (Electricity Erasable
Programable ROM)
Random
Acess Memory(RAM) untuk menyimpan data dan program dari user komputer sehingga
dapat dibaca dan ditulis. Bersifat volatile (sementara) bila listrik mati maka
semua data dan program didalamnya akan hilang. Kapasitas Ram jauh lebih besar
dari ROM. Dari 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB , 256 MB, 512 MB dan 1 GB. Modul Ram
dibedakan
SIMM
(Single IN-Line Memory Module) satu muka
setiap modulnya berukuran : pin 30 untuk PC prosesor 286 tatu 486 beroperasi
pada 16 bit,
pin 72
untuk PC dengan pentium beroperasi pada 32 bit.
DIMM
(Dual In-Line Memory Module) ada 2 muka utk setiap modulnya. DIMM berukuran 168
pin setiap permukaan 84 pin beroperasi pada 64 bit
Jenis RAM
yang berkembang adalah :
DRAM ( Dynamic RAM ) akses data secara dinamis selalu me refres data
setiap beberapa milidetik.
EDORAM ( Extended Data Output RAM ) utk pentium 66
MHz.
SDRAM
(Synchronuous Dynamic RAM )
tersinkronisasi dengan clock speed mikroprosesor agar lebih optimal.
DDRSDRAM
( Double Data Rate SDRAM) utk prosesor
AMD dengan clock speed sampai 200 MHz.
RDRAM ( Rambus Dynamic RAM) transfer 3,2 GB per detik
800 MHz..
RDRAM adalah teknologi yang dibuat oleh Rambus
Corporation khusus dipakai pada PC pentium 4.
RDRAM
memungkinkan utk penggunaan aplikasi yg perlu memory yg tinggi seperti 3D,
permainan interaktif dan multimedia. Disamping itu mampu mengatasi Error
Corection Code (ECC), motherboard terbaru, sedangkan Accelerated Graphic Port (
AGP) nya mampu berjalan pada kecepatan 4 kali satu setengahnya.
DRDRAM (
Direct Rambus DRAM) menggunakan bus 16 bit sedangkan DRAM menggunakan bus 8
bit.
Menggunakan pipelining untuk memindahkan
data dari RAM ke Cache memory jadi jalur lebih dekat ke prosesor atau ke
tampilan. Slot yang digunakan untuk koneksi ke motherboard disebut Rambus
Inline Memory Modules ( RIMMs)
Ø HARD DISK
Hard disk
adalah sebuah media penyimpanan yg memiliki kapasitas yg sangat besar. Letak
hard disk di dalam casing atau di luar casing
CPU. Kapasitas penyimpanan datanya 10 Gb, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 80 GB, 100 GB dan
serusnya.
Kecepatan aksesnya 4500 rpm, 7200
rpm sampai 15000 rpm.
Interface Hard disk ada 2 macam :
- IDE
, IDE Cotroller telah terintegrasi dalam motherboard (On-Board) .
Bekerja dengan kecepatan 3600 rpm.
- SCSI, perlu
card tambahan karena tdk
banyak motherboard yang memiliki SCSI Controler On-Board. Harga lebih
tinggi tapi kecepatan lebih besar. Mampu multitasking.
Cara mengukur kinerja
disk ada beberapa cara diantaranya :
- Data
rate sebuah hard disk yaitu banyaknya byte per detik (Bps) yang dapat
dikirim dari drive ke CPU. ( 5 MB s/d 40 MB ) per detik
- Melihat
seek time yaitu waktu pencarian data oleh hard disk ( 10 s/d 20
milidetik).
- Kapasitas
drive dimana byte-byte data disimpan.
Ø Disket
disebut Floppy disk karena bentuknya yg lentur dan mempunyai kapasitas 1,2 MB
dan 1,44 MB. Dengan ukuran fisik 3,5
Inci dan 5,25 Inci. Disk drive tempat untuk meletakkan disket.
Ø CD Drive
: Yang digunakan adalah CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CD –Re-Write). Dan yg sekarang
berkembang adalah DVD-R dan DVD-R/W.
Drive tempat meletakkan Cd-r maupun CD-R/W. Secara fisik bentuk keduanya
sama dan kapasitasnya antara 500 MB s/d 800 MB. Tapi fungsi berbeda CD-R
volatile sedangkan CD-R/W nonvolatile.
Kecepatan dari 150 KBps S/D 4,8 MBps. CD-R. Kecepatan sesuai yg tertulus
masing-maing misalnya CD-RW24X-32X.
Ø Flash
Memory : Disebut memori stik atau USB
drive (Universal Serial Bus) yg merupakan teknologi yg baru dan merupakan media
penyimpanan yg paling praktis, selain bentuknya kecil daya tampung besar dan
pemasangannya mudah yaitu menggunakan port USB. Kapasitas yg umum 32 MB, 64 MB,
128 MB, 256 MB. Dipakai sbg backup data.
Ø Tape
Drive (pita magnetik )
Media penyimpanan yg dpt dihapus . Teknik penyimpanan seperti rekaman
lagu bentuk juga sama namun lebih tebal. Umumnya utk backup data, program atau
sistem. Contoh tape drive TDX-75 mempunyai kecepatan operasi 120 KB/detik atau
75 ips ( inchis per second).
Ø Media
Cakram digital
Bisa menyimpan hingga 1 Terabyte
atau 1024 GigaByte (dikenal oleh
peneliti Inggris, Swiss dan Yunani ).
Ø Multiple
Optical Data Storage ( MODS )
Teknologi penyimpanan yg menggunakan
teknologi optik. MODS Disc terdapat celah asymetris dan terdapat 332 sudut
kemiringan celah yg unik. Dalam waktu dekat belum dipakai.
Saat ini
dikembangkan DVD baru dengan kapasitas
yg lebih besar yg diberi nama BlueRay dikeluarkan tahun 2005.
Ø MULTI MEDIA
Perangkat
yg dipakai untuk akses data dalam bentuk gambar, suara(audio), video,
permainan, pengolah foto digital dsb. Contoh : MP3, MIDI, WAV, teleconference,
chatting, video drive, radio internet dsb.
Syarat
komputer mulotimedia adalah memiliki tambahan perangkat seperti kartu suara (sound card), kartu
grafik (graphic card), speaker, mikrofon dan software aplikasi yg mendukung
untuk melakukan akses multimedia tersebut.
1.
Sound Card perangkat
klartu untuk mengeluarkan suara pada speaker. Kartu suara jenis klasik
biasanya mendukung dua kanal suara.
Sound Card dapat di upgrade untuk mendukung
enam kanal suara.
2.
Graphic Card perangkat yg menentukan tampilan gambar
yg muncul di monitor komputer. User yang umumnya menguddate kartu grafik adalah
para desain grafis, desain multimedia atau para penggemar 3D.
Terima kasih atas kunjungan anda...
SALAM SUKSES...